Wednesday, September 18, 2013

past, present, future

Lagi-lagi saya habis nonton serial tv, serial tv korea. Sebenernya udah lama ngopy-nya dari temen saya, tapi baru nonton dari kemaren dan berhasil kebut abis 16  episode. Baru banget tadi selesainya. Serialnya judulnya "Reply 1997".

Serial ini sendiri berawal dari satu org wanita yang ketemu sama teman-teman SMAnya. Mereka masuk SMA tahun 1997, dimana pada waktu tahun segitu disana (Korea) sedang marak-maraknya idol group. Idol group yang muncul dan dibahas itu first generation idol disana, generasi pertama masuknya boyband-girlband yang sekarang udah mendunia ituloh, K-pop grup. Si pemeran utamanya, Sung Shi Won, fan berat (bisa dibilang fanatik bahkan) dari grup H.O.T. mungkin masa itu kayak Super Junior sekarang kali ya. Serial ini sendiri bercerita tentang kehidupan mereka dari tahun 1997 waktu mereka masih SMA. Yang saya suka dari serial ini itu cara si sutradaranya cerita tentang kehidupan mereka. Mungkin biasa kan dibikin flashback terus balik lg ke masa sekarang, terus ke masa lalu lagi. Alur cerita yang bolak-balik ini menurut saya menarik. Sutradara atau script writer atau entah siapa yang buat cerita ini ga langsung blak-blakan cerita siapa akhirnya sama siapa, siapa yang ga jadi sama siapa, siapa jadi apa, dsb. Ketika scene lagi di masa kini (tahun 2012/2013) pelan-pelan dibuka hint-hint kejadian-kejadian yang akan terjadi.

past, year 1997
(taken from http://annyeongeurope.com)

present, year 2012
(taken from http://grimmdef.blogspot.com/2013/02/reply-1997-2012-i-like-to-watch-dramas.html)

Saya ga tahu disana kayak apa pada tahun segitu, tahun 90an maksudnya. Tapi saya suka ngebandingin sama kira-kira di sini (di Indonesia) pada tahun segitu kayak apa. Yang jelas tahun 1997 saya masih 5 tahun, sadar aja belum kayaknya. Tapi ya kebayang lah 90an disini kayak apa. Di serial ini konflik yang terjadi juga ga sedikit. First love, puberty, friendship, family conflicts, dan juga fate. Fate atau takdir itu pasti, tapi jalannya mungkin ga mudah, mungkin berliku, mungkin disuruh untuk nyasar dulu, baru deh masuk ke jalan yang bener. Mau bagaimanapun caranya, ujungnya tetap sama. 

Yang saya suka juga dari serial ini, kerasa gimana perasaannya si Shi Won ini. Menurut saya sih, soalnya waktu dia mau pindah dari Busan ke Seoul untuk kuliah dan kerja saya juga ngalamin. Gimana rasanya sedih mau pergi dari rumah untuk waktu yang lama, dan ga lagi setiap hari ketemu sama orang tua. Walaupun suka ribut sama keluarga, ya namanya keluarga kan ya, pasti sedih kalau mau pisah, dan walaupun nanti juga pasti dalam waktu sebulan pasti juga ketemu minimal sekali. 

Terus jadi kebayang juga gimana teman-teman, sahabat-sahabat saya yang sekarang udah lama ga ketemu. Mereka sekarang hidupnya gimana sih, dibanding waktu SMA dulu? Hal yang saya suka lagi dan saya alami juga di serial ini, gimana berubahnya teman kita dari waktu dulu. Begitu ketemu teman-teman lama terutama yang memang akrab banget pasti pas ketemu, tetap jadi orang yang sama kayak dulu. Hal yang ga bisa diubah. 

Shi Won akhirnya kerja di Seoul. Berapa tahun berlalu, pasti ada perubahan-perubahan yang terjadi. Apa dia jalanin mimpinya? Apa dia berhasil bertemu dengan Tony, idolanya? Apa malah jadi istrinya? Hal itu silahkan ditonton sendiri saja.. hehehe :P . Jadi mikir lagi, saya ngejalanin mimpi saya ga sih? Atau jalan begitu aja? Apa saya salah ambil jalan ga sih? Jadi kemana-mana kan. Yang jelas, saya cukup puas dengan hidup saya sekarang, dan itu yang terpenting. Kan mau salah ambil langkah atau jalan, tapi ujungnya Insyaallah sama, bahagia :)


(taken from http://allkoreandrama.com/)


You may look older, you may think wiser, you may become more mature, but when you meet old friends you became who you are back then. Wherever life takes you, fate will get you back in track

Ada satu quote yang saya suka, diucap oleh Yoon Yoon Jae :

"People's countless threads, all tangled together. But when I start to unravel it, I end up face to face with my fate, without even knowing it. If the red thread of fate really exists, then who is the one tied to my red thread?"

Cheers!
xoxo

No comments:

Post a Comment