Thursday, February 21, 2013

Guðmundsdóttir




Björk Guðmundsdóttir is her name.



to tell you the truth, saya baru benar-benar mendengar karya-karya tante ini baru waktu kuliah tingkat pertama. sebelumnya pernah lihat video klipnya waktu SD di MTV (dimana lagi..) yang berjudul Hidden Place. Dimana di video itu ada semacam cairan yang bergerak dari mulut ke hidung, lanjut ke mata, turun lagi dari mata ke mulut, dan terus-terus-terus. Semakin lama 'aksesori' dari cairan itu akan bertambah, geraknya pun berubah-ubah. Suit untuk dimengerti memang, tapi saya nonton video itu sampai habis. mesmerized mungkin. Walau saya tertangkap sama videonya yang unik, saya tidak terlalu memikirkan siapakah perempuan itu, apa artinya, dll. Waktu saya masuk kuliah, sebelumnya saya pernah dapat hibahan (lupa dari siapa, tapi saya yakinnya teman SMA saya) satu album Björk yang Greatest Hits. Dari situ saya dengerin, lama-lama nempel. Ditambah sambil Youtube video-videonya yang beda, yang aneh, tapi bagus dan menurut saya penuh arti, saya semakin jatuh cinta. Bertemu dengan salah satu teman kuliah yang emang cinta mati ama si tante ini, saya semakin tenggelam. Berawal dari satu album greatest hits, saya dapet lagi dari teman kuliah saya ini. Ga lupa juga pas ketemu DVD Björk live untuk Vespertine Tour-nya. Cinta saya semakin menggebu-gebu dan officially suka sekali dengn karya dan juga pribadi dari tante Björk ini. 



Musik-musiknya ga biasa, vokalnya juga jarang ditemui. Paling mirip saya temuin vokalnya mirip itu Astrid pas denger lagu Ratu Cahaya. Si tante ini emang suka aneh-aneh, ga cuma dari lagu-lagunya, alat-alat musiknya, suaranya, pilihan bajunya juga. Pernah suatu ketika si tante makai bajunya yang extremely popularSwan Dress. Menurut banyak orang itu aneh, bahkan inappropriate. Tapi menurut saya bagus ah! Untuk seorang Björk bagus dan cocok sama beliau! Yaaaa, semua orang punya selera masing-masing. 


Ngomongin lagunya sekarang. 


Pertama-tama dengar dan jadi suka itu dua lagu, Hyperballad dan JogaHyperballad yang di videonya menampilkan seorang perempuan yang berlari-lari, terus ada scene dimana perempuan itu jatuh ke jurang, cocok banget sama lirik lagunya. Kalau yang saya dapet, lagu ini cerita kalau perempuan ini suka berkhayal kemana-mana, ngebayangin dirinya celaka segala macem, tapi begitu dia bangun yang dia temukan cuma perasaan bahagia ngeliat kekasihnya yang masih tidur disampingnya, bikin tenang karena perempuan ini selamat dan aman dipelukan si lelaki. Btw, lagu ini pernah di cover Mocca lho!


Selanjutnya, JogaJoga ini videonya BANGUUUUS! Pertama kita dibawa untuk ngeliat si tante ini diatas gunung , tante ini lagi berdiri aja dengan bajunya yang putih. Terus lama-lama kita dibawa ngliat semua pemandangan yang ada di bumi ini. Lama-lama ada gambar potongan-potongan lempeng-lempeng bumi, berasa pelajaran geografi tapi diajarin lewat video clip. Buat siraman rohani juga bisa, buat ngesyukurin indahnya bumi dengan segala dalemnya. 


I've Seen It All, lagu ini tante kolaborasi sama Thom Yorke. Yang saya dapat lagu ini cerita tentang si om lagi nanya-nanya ke si tante 'udah liat ini-itu belom' tapi si tante belom semua liat dan ga terlalu peduli, dan si tante juga ga terlalu peduli buat nantinya masa depannya. Soalnya si tante udah tau dia sebelumnya kayak apa dan udah tau nanti bakal jadi apa. 


All is Full of Love, selain lagu ini emang punya cerita sendiri, lagu ni emang enak buat jadi pengantar tidur. Videonya nampilin dua robot yang lagi dibuat (?) terus bercinta. Mungkin lagu ini mau nunjukin bahwa semua punya cinta.


Wanderlust, dari judulnya udah ketauan lah yaaaa cocoknya kalo lagi gimana. Yaitu, kalau lagi WANDERLUST! Alias lagi pengen jalan-jalan, alias lagi kere tapi pengen jalan-jalan. 


Cocoon, lagu ini INDAH! Secara lirik dan musik! Lagunya tentang bahwa overwhelmednya seorang perempuan yang ternyata ada seorang lelaki yang bisa cinta kepada dia, cintanya tulus dan hangat. Setelah perempuan ini memberi segalanya buat lelaki ini, lelaki ini tetap berada di sampingnya, ga disangka-sangka oleh perempuan tsb. Uuuuu~ walaupun personally videonya rada creepy.


Earth Intruders, dari judulnya kira-kira udah mengerti tentang apa? Bener lho kita itu (manusia) sebenarnya sebuah intruder bagi bumi. Kita datang, setelah evolusi yang lama waktunya, menjadi manusia yang sempurna, diberi kepintaran yang begitu luar biasanya, tapi malah merusak bumi yang udah ada dari lamaaa banget. Sedih jadinya. Selain pesan yang dibawa, beatnya rame banget dan bikin semangat, lonjak-lonjak!


Unravel, another sad song from tante. Lagu ini pernah dicover sama Jason Mraz, dan enak banget. Lagu ini bercerita mengenai gimana satu love story yang memudar seiring berjalannya waktu. Si perempuan ini merasa sewaktu ditinggal oleh kekasihnya, hatinya menjadi unraveled, lalu diambil oleh setan (devil). Unravel sendiri mempunyai arti : rajutan yang dilepas / dijadiin benang lagi. Nih, kalo kamu punya baju ada benang yang menjuntai, terus ditarik eh malah baju kamu habis, jadi benang, nah itu!




Itulah beberapa lagu yang saya ingat dan mengena ke hati saya. Beberapa lagu juga kadang cocok sama keadaan atau beberapa state hidup saya. Walau memang ga mudah dimengerti, lagu-lagunya si tante sendiri itu bagus! Belum lagi dengan catatan kalau si tante suka bikin alat musik baru untuk satu lagu sendiri. Edan. Beberapa lagunya (bukan beberapa lagi, banyak) itu berkaitan dengan alam atau biologi. Di albumnya yang paling baru, Biophilia, beliau memang mempunyai konsep yang berkaitan dengan biologi karena dirinya sendiri sangat suka dengan biologi. karena hal-hal itu fascinates beliau (please, CMIIW). Dan juga di lagu-lagunya suka diselipkan berapa perumpamaan yang ga biasa, tapi cocok. Itu yang saya suka dengan lagu-lagunya, perumpamaan yang ditemukan oleh si tante ini menarik sekali! Dan beberapa pemikirannya juga bisa dimengerti. Dan juga albumnya berubah-ubah, dari satu album ke album yang lain berbeda konsep. Seperti bedanya album Vespertine, Volta, Medulla, Biophilia, sebagai contoh. Masing-masing memiliki konsep yang berbeda-beda dan juga lagu-lagu yang ada di albumnya memiliki tone yang berbeda. Tone yang ada di album Volta jelas berbeda dengan tone yang ada di album Medulla berbeda juga dengan album Biophilia.




LONG LIVE TANTE BJORK! 

SAYA MENYESAL GA NONTON TANTE WAKTU KE JAKARTA! SAYA MASIH SMA BELOM DENGERIN TANTE, SEKARANG SAYA MENYESAL SAMPE UBUN-UBUN. MAAF YA POSTINGANNYA PANJANGGG~


CUP MUAH TANTE JADI TANTE SAYA YUK!


maaf saya ngelantur tengah malam..


ah iya, fontnya berubah2, saya juga ga yakin kenapa.. maaf ya :s

No comments:

Post a Comment